Friday, November 27, 2020

Strategi Bisnis Yang Harus Dipelajari

Strategi bisnis

Strategi dalam bisnis merupakan hal yang penting, karena dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan dan dapat berkembang lebih baik untuk kedepannya. Dalam menerapkan strategi bisnis, strategi tersebut harus berjalan sesuai visi dan misi bisnis yang kamu buat.

Strategi Bisnis



1. Pengertian Strategi Bisnis

Strategi bisnis mengacu pada tindakan dan keputusan yang diambil perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya dan menjadi kompetitif di industrinya.

2. Menyusun Strategi Bisnis

Pada awalnya, strategi memang harus disusun secara rinci dan baik. Maka dari itu, kamu sebagai pelaku bisnis harus dapat menyusun strategi bisnis agar bisnis kamu dapat bersaing dengan para kompetitor. Lantas, bagaimana cara menyusunnya ? 

a. Memulai Dengan Data
Lakukan berbagai riset (penelitian) sesuai dengan kebutuhan agar dapat mengumpulkan data, fakta, dan informasi yang dibutuhkan & jangan lupa untuk pelajari peluang pasar untuk produk bisnis yang kamu akan jalankan, lalu amati perilaku penjualan dalam kurun waktu tertentu begitu juga dengan penyebabnya.

b. Analisis Menggunakan SWOT
Dengan menggunakan teori ini akan terbagi dimana terdapat kondisi kinerja organisasi atau perusahaan dengan membandingkan faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal terdiri dari : Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness)
Faktor eksternal terdiri dari : Peluang (Opportunity), Ancaman (Threat)

Teori SWOT

c. Menentukan Detail Strategi Bisnis
Dari informasi atau data penelitian atau riset yang dimiliki. Kemudian bisa menentukan detail strategi yang akan diaplikasikan.

Lakukan pembagian strategi sesuai dengan bidang tertentu atau breakdown. Misalnya seperti strategi pemasaran, apa yang ingin diaplikasikan.

Langkah tersebut sangat lah penting untuk dilaksanakan, bahkan untuk bisnis dengan sekala kecil sekali pun. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam pelaksanaan strategi yang sudah disusun atau direncanakan dengan tepat.

d. Evaluasi Berdasarkan Data
Setelah melaksanakan strategi yang sudah direncanakan, selanjutnya adalah melakukan pengecekan apakah strategi yang dilakukan sudah berhasil.

Apabila sudah berhasil, yang harus dilakukan selanjutnya adalah terus melakukan pengawasan pada pelaksanaan strategi tersebut.

Jika belum berhasil, maka perlu untuk melakukan pengecekan bagian mana yang tidak berhasil dan apa yang menjadi penyebabnya.

3. Jenis Strategi Bisnis

Terdapat 3 jenis dalam strategi bisnis yang perlu kamu ketahui sebagai pelaku bisnis. 

Berikut jenis strategi bisnis :
a. Pertumbuhan
Strategi pertumbuhan adalah pada saat suatu organisasi atau perusahaan memperluas jumlah pasar yang dilayani atau produk yang ditawarkan, baik dengan melalui bisnis nya saat ini atau dengan membuka bisnis baru.

Dengan menggunakan strategi ini suatu organisasi bisa meningkatkan jumlah pendapatannya, jumlah karyawan, atau pun pangsa pasar-nya.

b. Stabilitas
Strategi stabilitas adalah suatu strategi organisasi yang dimana organisasi terus melakukan apa yang sedang dilakukannya sekarang.

Misalnya seperti terus melayani pelanggan atau konsumen yang sama dengan cara menawarkan produk atau layanan yang sama, mempertahankan pangsa pasar yang ada, dan mempertahankan operasi bisnis saat ini. Dalam hal ini organisasi tidak mengalami pertumbuhan dan tidak juga mengalami kemunduran.

c. Pembaharuan
Pada saat sudah organisasi atau perusahaan sedang mengalami masalah, maka organisasi tersebut harus melakukan sesuatu. Para manajer harus mengembangkan suatu strategi, yang disebut dengan strategi pembaruan, yang menangani penurunan kinerja organisasi.


4. Komponen Strategi Bisnis


a. Strategi Operasi
Strategi yang dilakukan untuk mengubah masukan atau input (bahan baku, bahan penolong, mesin, manusia, dan lain sebagainya) menjadi keluaran atau output yang mempunyai nilai. Strategi operasi ini berhubungan dengan berbagai fasilitas dan peralatan, sumberdaya, perencanaan, dan pengendalian.

b. Strategi Pemasaran
Dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan, variable segmentasi utamanya adalah segmentasi geografis, psikologis, demografis, perilaku, dan juga manfaat.

Segmentasi adalah suatu seni dalam melakukan suatu identifikasi dan menemukan suatu peluang yang tumbuh di pasar dengan benar dan tepat. Secara tipikal, segmentasi adalah suatu proses dimana memanfaatkan peluang yang ada dengan membagi – bagi pasar menjadi beberapa segmen.

Pasar ditetapkan berdasarkan karakteristik tertentu, oleh karena itu perusahaan dapat memahami dengan lebih jelas pasar mana yang akan dimasuki dalam memasarkan produk atau layanan-nya.

c. Strategi Sumber Daya Manusia (SDM)
Meliputi merencanakan dan juga menarik berbagai sumber daya manusia yang mempunyai kualitas baik, mengembangkan SDM supaya berkualitas, menilai kinerja dari SDM, memberikan motivasi, dan memelihara SDM yang berkualitas.

d. Strategi Keuangan
Pengaturan keuangan yang se-efisien dan se-efektif mungkin. Suatu bisnis dikatakan efisien dan juga efektif jika bisa menghasilkan keuntungan yang besar dengan biaya yang kecil.

Keefektifan dan ke-efisiensi-an keuangan perusahaan dapat dicapai dengan cara menekan biaya atau mengurangi berbagai pengeluaran yang tidak perlu dan mampu memanfaatkan kelebihan dana untuk investasi atau ekspansi.


5. Manfaat Strategi Bisnis


a. Menjadi Pedoman Dalam Membangun Bisnis
Membantu para pebisnis untuk dapat mengetahui arah pengembangan usahanya.

b. Mengetahui Tingkat Keberhasilan
Mengetahui berapa tingkat keberhasilan dari langkah bisnis yang sudah dilakukannya.

c. Dapat Memenangkan Persaingan
Dengan mengetahui berbagai data internal perusahaan dan juga pasar. Para pelaku bisnis akan menjadi lebih mampu untuk menjual produk dan atau layanan-nya dengan efektif.

Apabila pesaing ternyata belum mengaplikasikan strategi bisnis yang baik, maka tentunya dapat memenangkan persaingan dengan lebih mudah.

Personal blogger dan Founder komunitas blogger jakarta | kirim email untuk kerjasama ke : geraldirizki@gmail.com


EmoticonEmoticon