Wednesday, July 10, 2019

Mengenal Sejarah Kapitalisme

https://www.geraldirizki.com/2019/07/mengenal-sejarah-kapitalisme.html

Mengenal Sejarah Kapitalisme, struktur kapitalis sudah ada sejak zaman kuno (seperti diawal masa kekaisaran Roma, perkalifahan diabad pertengahan di Timur Tengah), praktek ekonomi Kapitalisme menjadi terstruktur semenjak di Ingris antara abad ke 16 dan abad ke 19, lalu menyebar ke seluruh Eropa dan menjalar ke beberbagai kalangan politisi dan batas-batas budaya di seluruh dunia.


Kapitalisme merupakan sistem ekonomi dan sosial yang mana berarti produksi secara dominan kebanyakan dimiliki oleh pribadi (individu) dan digerakkan untuk mencapai keuntungan, dan distribusi serta pertukarannya berada pada sektor pasar ekonomi. Sering kali dianggap mengikutkan hak individu dan korporasi untuk berdagang (menggunakan uang) pada barang, jasa, buruh, dan lahan.

Beberapa macam dari kapitalisme sudah ada dan lebih dominan di dunia Barat. Cara produksi kapitalis, bagaimanapun juga, bisa ada ketika sistem masyarakatnya memiliki perbedaan kedudukan (seperti demokrasi liberalisme, fasisme) dan struktur sosial yang berbeda juga.

Di dalam istilah Marxis, pemilik dari capital (modal) adalah kelas yang mendominasi, dan kelas pekerja yang tidak memiliki modal harus mau hidup dengan menjual kekuatan otot mereka dengan ganti upah. Jadi menurut Karl Marx, kapitalisme mendasarkan pada hal eksploitasi kepada para pekerja yang dilakukan oleh pemilik modal, dan dengan teorinya mengenai materialisme historis, memperlihatkan bahwa sebagai salah satu tahap dari evolusi sistem masyarakat adalah dengan menjatuhkan kelas pemilik modal dengan cara para kelas pekerja itu memiliki kesadaran kelas mereka dan kemudian mengambil alih sebuah Negara.

Founder komunitas Blogger Jakarta dan seorang penulis blog GeraldiRizki.com

This Is The Newest Post

Wisata

Nightlife