Friday, October 19, 2018

Nikah Muda ? Belajar Dulu Dari Game Harvest Moon

https://www.geraldirizki.com/2018/10/nikah-muda-belajar-dulu-dari-game.html

Pernah mikir gak apa enaknya ya nikah muda ? Tujuannya apa dulu untuk bisa nikah muda, kalau untuk menghindari zina mending jangan nikah muda... karena akan ada banyak hal yang harus dipertanggung jawabkan ketika sudah berkeluarga.

Itu orang yang nikah muda dalam konteks 'maksa' engga pernah main game harvest moon kali ya. Bisa diasumsikan kalau game harvest moon itu game pernikahan yang cukup realistis. Game harvest moon udah mampu buat tanem pemikiran gue, kalo nikah itu butuh modal.

Lo harus punya rumah setidaknya, harus mampu secara finansial, rela kerjakeras demi mahar / mas kawin (blue feather kalo di harvest moon), butuh modal untuk deketin pasangan.


  • Lo butuh sekitar 300G untuk bisa deket sama seorang npc cewek bernama Karen untuk dibelikan sebuah wine (anggur) setiap harinya. Jika toko tempat lo beli wine tutup, lo harus beli 2 wine. Yaa, bisa dibilang si Karen ini realistis orangnya, jadi kalo mau deketin harus pake modal.
  • Buang waktu sekitar 1 jam sampai 2 jam hanya untuk deketin npc cewek bernama Ellie, karena lo harus ambilin bunga diatas gunung, belom lagi lo turun cuma buat ketemu dan kasih bunga ke dia dihospital.
  • Ada kemauan untuk belajar masak demi bisa deketin si npc cewek bernama Ann, ya paling engga lo bisa masak telor dadar atau gak telor rebus. Yang harusnya telor dari hasil peternakan lo sendiri bisa menghasilkan uang, tapi malah lo kasih Ann demi bisa deketin dia.
  • Rugi waktu dan rugi hasil peternakan cuma karena lo mau deketin npc cewek bernama Popuri, belom lagi ketemu abangnya yang galak , jadi ya harus bisa tahan kalo ada drama dikeluarga.
  • Untuk dapetin material rumah setidaknya lo harus bisa kasih hadiah (gift) ke warga sekitar supaya bisa dapet diskon. Itupun kalo dapet, kalo engga yaudah pasrah aja.
  • Kalo rumah kaca ancur untuk bangun ulang lagi butuh dana sekitar 30.000 G untuk sekali bangun, lah hasil jualan dari peternakan aja paling besar cuma 600 G (Cheese G), dan untuk dari hasil pertanian paling besar cuma 1000 G (Orange cup, Nanas).

Buat yang mikir kalau nikah muda cuma buat hindari zina dan kebelet buat 'nganu' , lo liat setidaknya perjuangan main game harvest moon, butuh perjuangan cuy! Setidaknya ini tentang hidup dan tanggung jawab, bukan game yang nantinya bisa lo cheat pake gameshark langsung tamat. 

Tidak ada maksud untuk menjelekkan orang yang ingin nikah muda, tapi kembali lagi ke orangnya. Kalau dari segi finansial udah tercukupi serta mental juga udah siap, ya fine fine aja gak ada masalah. Malah gue dukung secara pribadi.

Tapi kalo alasan cuman buat nganu, yaelahhh bis tayo ......