Thursday, April 26, 2018

Mau Liburan Ke Eropa ? Siapkan Diri Untuk Penerbangan Jarak Jauh



foto:anugrah lohiya/Pexels

Eiffel yang romantis, menikmati pizza di Italia, atau dinginnya Swiss membuat Benua Eropa selalu jadi tujuan populer buat wisatawan asal Indoensia. Begitu juga para selebritis yang seringkali menghabiskan waktu liburan di Benua Eropa terseut, sebut saja Syahrini, Andien, hingga pasangan Gading Martin-Gisel. Selain pemandangan yang indah, kini biayanya pun makin terjangkau berkat promo tiket pesawat yang kian banyak bertebaran.

Tapi bukan hanya pesawat dan penginapan saja yang perlu diperhatikan, tapi kondisi fisik pun wajib disiapkan. Untuk tujuan negara-negara Eropa, kamu akan mengalami penerbangan long haul yang bisa mencapai lebih dari 12 jam. Jangan sampai liburanmu di Eropa terganggu atau tertunda gara-gara stamina yang drop, cegah dengan beberapa tips jitu berikut yuk!

Kenakan Pakaian yang Nyaman


sumber:negative space/Pexels

Pikirkan pakaian yang akan kamu pakai selama 10 jam duduk di pesawat. Ingat, diam di kursi dan diterpa oleh AC yang cukup dingin bisa membuatmu merasa kurang nyaman. Coba kenakan beberapa lapis pakaian longgar, misalnya kaus, cardigan, dan celana kain yang nyaman.

Jangan lupa pilih alas kaki yang tertutup dan nyaman. Hindari sepatu atau sandal yang sempit karena kaki akan membengkak di tempat yang tinggi. Jika ingin menghemat tempat di bagasi, kamu bisa menyimpan cadangan sepasang sandal yang dapat digunakan saat di dalam kabin pesawat.

Pilih Tempat Duduk yang Tepat


sumber:tim gouw/Pexels

Jika memungkinkan, pilih tempat duduk yang baik. Ada beberapa aturan sederhana yang bisa diaplikasikan saat memanfaatkan promo tiket pesawat. Misalnya jika ingin menghindari tangisan anak-anak, menjauhlah dari bagian depan, sedangkan jika butuh bergerak di dalam kabin, pastikan mendapat kursi di lorong. Mungkin harus menunggu 1-2 hari sebelum keberangkatan, tapi bisa juga memilih kursi secara online setelah check-in dibuka.

Siap-Siap untuk Tidur

Kamu akan berada di pesawat sepanjang hari, jadi ada baiknya membawa barang-barang yang penting untuk perjalanan jarak jauh. Mulai dari selimut tipis, travel pillow untuk mengurangi sakit leher, masker tidur, dan sepasang penutup telinga. Terakhir, masukkan beberapa perlengkapan mandi dasar seperti sikat gigi dan pasta gigi yang akan membuatmu merasa lebih segar saat mendarat.
Move Around!

sumber:popsci.com

Bukan berarti mondar-mandir dan mengganggu penumpang lainnya, lho. Meregangkan kaki saat berada dalam penerbangan jarak jauh akan menghindari risiko deep vein thrombosis (DVT). Pertahankan sirkulasi mengalir di kaki dengan melakukan latihan ringan di kursi atau berjalan sejenak setiap 2 jam.

Makan dan Minum

Walau diberi makan dan minum selama penerbangan jarak jauh, tapi nggak ada salahnya membawa bekal sendiri. Untuk mencegah lapar sambil menunggu troli makanan, ganjal perut dengan cereal bar, kacang-kacangan, atau buah-buahan kering.

Selain itu jangan lupa untuk meminum banyak air dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi teh atau kopi. Kabin pesawat sangat kering dan memicu risiko dehidrasi yang mengganggu kesehatanmu.
Promo tiket pesawat sudah di tangan, paspor dan visa sudah siap, ini saatnya menggunakan tips-tips ini agar dapat mendarat dan segera menjelajah Eropa dengan stamina yang terjaga.