Wednesday, July 26, 2017

Bunuh Diri Bukan Solusi Yang Tepat

Ini hanya sekedar opini yang ingin saya tulis dan bagikan ke kalian, karena tiba-tiba hal ini menggerakkan saya untuk menulis artikel tentang bunuh diri. Silakan baca dan simak dibawah ini.

bunuh-diri-bukan-solusi-yang-tepat
(ilustrasi gambar: google)

#Pembahasan Tentang Bunuh Diri

Bunuh diri merupakan tindakan yang sangat dilarang oleh agama. Belakangan ini banyak sekali berita maupun video bunuh diri. Menurut beberapa orang, bunuh diri dapat menyelesaikan semua masalah yang ada didunia, ada juga yang ingin bunuh diri disebabkan kurangnya perhatian dari lingkungan sekitar.

pembahasan-tentang-bunuh-diri
(ilustrasi gambar bunuh diri)

Hampir kebanyakan saya menduga/berpendapat untuk sementara (hipotesis) orang yang bunuh diri belum ingin mati. Pasalnya bunuh diri datang karna adanya masalah yang terlalu berat, mulai dari masalah dengan keluarga, dengan teman-teman, dan mungkin dengan lingkungan.

Bunuh diri seolah-olah menjadi solusi yang tepat, padahal selama kita hidup kita akan tetap mendapatkan masalah. Dan setiap masalah mempunyai jalan keluarnya masing-masing. Kita hanya harus berusaha keluar dari masalah yang sedang kita hadapi dan berdoa kepada tuhan.


#Apa Penyebab Seseorang Ingin Bunuh Diri?

Biasanya di dasarkan oleh depresi. Depresi muncul karena kurangnya berinteraksi. Orang yang ingin bunuh diri juga tidak mempunyai harapan (putus asa) terhadap kondisi dan tidak mempunyai iman (akhlak) yang kuat.

apa-penyebab-seseorang-ingin-bunuh-diri
(ilustrasi gambar bunuh diri)

Jadi bisa saja orang yang ingin bunuh diri berpendapat atau mungkin mengandalkan apa yang dia yakini. Menurut pandangan saya terhadap orang yang ingin bunuh diri, mereka (orang yang bunuh diri) ingin membuang rasa sedih/kesedihannya dan rasa kekesalannya.

Padahal, jika ada rasa sedih ataupun rasa kesal cara paling ampuh selain melakukan tindakan bunuh diri adalah berbicara / curhat ke keluarga atau jika kurang enak bisa ke sahabat terdekat.


#Ciri Ciri Orang Yang Ingin Melakukan Bunuh Diri


  1. Menarik diri dari lingkungan
  2. Tidak mau bergaul
  3. Menjadi orang yang pasif
  4. Emosi nya terlihat biasa-biasa saja


Sebagai kata penutup dari opini yang saya tulis, jika kalian stress atau depresi dan lelah menghadapi semua masalah yang  ada, berinteraksi lah dengan teman dekat, yang lebih baik dengan keluarga. Dekatkan diri kalian ke tuhan, bangun iman (akhlak) yang kuat. Saya berharap dari pembaca blog saya tidak ada yang melakukan tindakan bunuh diri setelah membaca opini yang saya tulis ini.

Jika terdapat kata yang salah dan kurang enak untuk dibaca, saya mohon maaf. Saya hanya ingin berbagi pendapat (opini) yang sudah ada didalam pikiran saya dalam beberapa hari belakangan ini.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Beri komentar pendapat kalian tentang bunuh diri dan kita akan sharing bareng dikolom komentar.


9 komentar