Tuesday, February 7, 2017

Pakai Jaminan Pensiun Dari BPJS Bisa Bikin Bahagia Di Hari Tua

cara daftar bpjs


Untuk sekarang bisa bahagia di hari tua itu gampang banget. Di jamin Anda pasti akan mendapatkan Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan. Sebelum hari tua itu datang, ada baiknya Anda harus bisa memanfaatkan waktu kerja yang produktif dan waktu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

Anda harus ingat, bekerja tidak bisa selamanya dalam kondisi yang baik, tentu Anda harus mengkhawatirkan kejadian-kejadian yang tidak di inginkan nantinya. Lalu, yang terlintas dipikiran Anda hanyalah memakai asuransi, setelah itu bisa tenang deh tanpa harus memikirkan apa-apa lagi. Namun, rasanya sangat kurang ya jika Anda seorang karyawan yang bekerja dikantoran memakai asuransi sendiri. Baik dalam pengurusannya, menyisihkan beberapa persen gaji (upah tenaga kerja) untuk asuransi dan lain-lainnya. Ribet banget pokoknya.

Manfaat Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan :

  • Jaminan Kecelakaan
  • Jaminan Hari Tua
  • Jaminan Kematian
  • dan, Jaminan Pemelihara Kesehatan

Jaman sekarang, dimana semua serba dibantu dengan teknologi. Pemerintah memberikan program bantuan bernama, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) untuk membantu tenaga kerja demi mendapatkan Jaminan Pensiun dengan tujuan rakyat Indonesia bisa menikmati Bahagia Di Hari Tua.

jaminan pensiun

Program pemerintah ini sangat membantu rakyat Indonesia, terutama untuk karyawan kantor (tenaga kerja) yang sudah memiliki keluarga. Kalau Anda sangat mencintai keluarga pastikan Anda sudah mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan ya. Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan Anda bisa merencanakan hari tua Anda dengan bahagia.

Anda ingin menjadi bagian dari BPJS Ketenagakerjaan ? Mudah kok, ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar ya.

Syarat Pendaftaraan BPJS Ketenagakerjaan & Dokumen Yang Harus Di Lengkapi (Untuk Perusahaan beserta tenaga kerja) :

  1. Peserta tenaga kerja (karyawan) memiliki hubungan kerja
  2. Menyiapkan Surat Izin Usaha Perdagangan dalam bentuk surat Asli dan salinan (fotocopy)
  3. Menyiapkan Surat NPWP Perusahaan dalam bentuk surat Asli dan salinan (fotocopy)
  4. Menyiapkan Surat Akta Perdagangan Usaha dalam bentuk surat Asli dan salinan (fotocopy)
  5. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) tenaga kerja atau karyawan
  6. Salinan KK (Kartu Keluarga) tenaga kerja atau karyawan
  7. Pas foto berwarna khusus untuk karyawan, dengan ukuran foto 2 x 3 sebanyak 1 lembar
Perusahaan bisa mendaftarkan tenaga kerja (karyawan) untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di alamat situs berikut : www.bpjsketenagakerjaan.go.id , sudah berada di halaman depan situs BPJS ? Silakan Anda klik bagian pada kolom yang berada di atas sebelah kanan dengan bertuliskan "Mau Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan ? Daftarkan Perusahaan Anda Di Sini." 

Saya rekomendasikan untuk menggunakan alamat email perusahaan.

Tinggal tunggu deh balasan dari admin BPJS. Jika sudah diberikan balasan, Anda bisa membawa dokumen yang saya sebutkan diatas tadi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda.


***


Yang menarik dari BPJS Ketenagakerjaan adalah Anda tetap bisa mendaftar jika pekerjaan yang Anda miliki mempunyai status freelance (pekerja lepas) atau sebagai enterpreneur yang tidak memiliki badan usaha. Wah, sepertinya sangat cocok ya jika seorang penulis blog bisa menjadi bagian dari peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu, gimana daftarnya ?

Syarat Pendaftaraan BPJS Ketenagakerjaan & Dokumen Yang Harus Di Lengkapi (Untuk Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja) :

  1. Membutuhkan sebuah organisasi dan mempunyai minimal 10 orang
  2. Mempunyai Surat Izin Usaha dari kelurahan
  3. Menyalin (fotocopy) KTP masing-masing tenaga kerja
  4. Menyalin (fotocopy) KK masing-masing tenaga kerja
  5. Pas foto berwarna untuk masing-masing tenaga kerja, dengan ukuran foto 2 x 3 sebanyak 1 lembar

***


Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, harapan besar saya adalah tenaga kerja & para blogger di Indonesia bisa memiliki kesejahteraan dalam segi ekonomi dan sosial. Ya, setidaknya bisa membantu biaya dari kejadian yang tidak di inginkan ya dan bisa dapat jaminan pensiun dari BPJS. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media milik sendiri agar teman-teman Anda bisa merasakan bahagia di hari tua.

2 komentar