Thursday, November 10, 2016

Liburan Ke Waingapu Dengan Pesawat

Waingapu adalah Ibu Kota Sumba Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota terbesar di Sumba ini memiliki banyak keindahan yang layak dijadikan destinasi wisata, terutama keindahan alam dan budayanya. Bahkan wisatawan mancanegara begitu mengagumi meski daerah ini terkenal kering dan panas. Soal transportasi, Anda tidak perlu kawatir lagi, sudah banyak maskapai penerbangan memiliki rute ke Waingapu.

Sumber gambar: solopos.com


Salah satu maskapai penerbangan yang mempunyai rute ke Waingapu adalah Pesawat NAM Air. Maskapai penerbangan Indonesia ini adalah anak dari Sri Wijaya Air yang memiliki layanan untuk segmen medium service. Jika Anda memesan tiket smelalui online travel agent (OTA) akan mendapat e-tiket  atau tiket pesawat NAM Air online  yang dapat diprint dan dibawa saat check  in. Mudah banget, kan? Tidak perlu antri tiket di loket, seperti pesan langsung.

Beberapa wisata alam dan budaya di Waingapu berikut ini bisa menjadi pertimbangan utama Anda saat menentukan destinasi wisata liburan:

1. Pantai Kalala
Di Waingapu terdapat beberapa wisata alam yang indah, seperti Pantai Kalala. Pantai yang dikelilingi  barisan bukit nan hijau ini banyak yang  menyebutnya sebagai ‘Pantai Pribadi.” Pantai ini masih sangat jarang dikunjungi, padahal pantainya bersih dan sangat bagus untuk berselancar karena ombaknya sangat tinggi. Perjalanan dari Waingapu ke Pantai Kalala bisa ditempuh dengan angkutan umum.

2. Pantai Londa
Jarak dari Waingapu ke Pantai Londa cukup dekat. Jika Pantai Kalala memiliki ombak yang tinggi, maka Pantai Londa ombaknya sangat tenang, sehingga Anda bisa berenang dan memancing. Pantai ini terdapat pohon yang menjadi keindahan sendiri di lokasi tersebut, yaitu pohon tanpa daun tetapi memiliki bunga yang indah berwana merah terang. Di pantai ini pada waktu tertentu digunakan sebagai lokasi upacara adat Marapu yang dikenal sebagai Hamayang.

3. Pulau Salura
Untuk menempuh wisata satu ini perjalanannya cukup membutuhkan waktu dan kesabaran karena dari Waingapu harus menempuh dua kali transportasi darat dan laut. Dari Waingapu, Anda harus menuju ke Pantai Katundu terlebih dahulu dengan mengendarai angkutan umum atau menyewa mobil. Setelah sampai di Pantai Katundu, lanjut dengan kapal motor menuju Pulau Salura. Anda akan menikmati berayun di atas pantai dengan kapal motor ini selama 1 jam.


Sumber gambar: jalanblog.wordpress.com


Namun Anda akan menemukan Pulau Salura yang eksotis dengan pemandangan pantai berair biru serta barisan pohon cemara, kapal nelayan. Pantai ini sangat sepi karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Mungkin karena jarak tempuhnya yang cukup memakan waktu dan belum masuk ke dalam promosi wisata. Kondisi seperti ini justru yang membuat Pulau Salura benar-benar masih asli keindahannya alamnya.


4. Kampung Raja Prailiu

Sumber gambar: kompasiana.com


Di kampung ini Anda bisa melihat para penduduk membuat kain tenun tradisional Sumba yang keindahannya sampai mancangera. Kain tenunnya sangat khas, selain memiliki warna-warna yang beragam, coraknya juga sangat unik dan menarik. Memang penduduk menjadikan kegiatan membuat kain tenun tradisional ini sebagai mata pencarian. Selain kain tenun, di sini Anda bisa melihat rumah adat khas Sumba yang unik.

Ulasan wisata di atas hanya sebagian, jika Anda mengunjungi Waingapu akan banyak lagi ditemukan tempat wisata yang menarik. Saat ini, beragam obyek wisata menuju ke kota-kota kecil di seluruh Indonesia sudah mudah dicapai atau ditempuh. Seperti halnya Pesawat NAM Air ini yang memang dikhususkan untuk penerbangan kota-kota kecil. Makanya, sekarang banyak orang lebih interest menggunakan layananan maskapai penerbangan untuk perjalanannya.

Jika dulu naik pesawat identik dengan mahal, ekslusif, sekarang sudah tidak lagi. Sebab, banyak maskapai penerbangan yang menawarkan harga murah atau promo. Meski memiliki kelas bisnis dan ekonomi, pelayanan keduanya tetap mengedapankan servis yang memuaskan bagi penumpang. Jadi Anda tidak perlu kawatir lagi jika hanya memiliki budget untuk kelas ekonomi.


Berikut ini beberapa kelebihan liburan dengan pesawat:

     Memiliki daya tempuh lebih cepat dari transportasi lainnya, membuat waktu liburan Anda tidak habis dalam perjalanan,
       Mampu menempuh jarak ke kota-kota kecil sehingga bisa menentukan destinasi liburan sesuai keinginan,
     Pelayanan atau servis yang diberikan maskapai penerbangan rata-rata sangat spesial untuk penumpangnya, membuat perjalanan jauh terasa tetap menyenangkan,
     Biaya naik pesawat sebenarnya lebih murah, apalagi jika menuju tempat-tempat yang masih sulit terjangkau. Terutama ketika ada tiket murah atau promo, seperti Pesawat NAM Air yang memiliki tiket dengan harga murah dan program promo,
     Naik pesawat selain lebih aman, jika Anda mengalami kehilangan barang di bagasi akan mendapat jaminan penggantian.


Jadi tidak perlu ragu lagi kan, menuju lokasi liburan Anda kemana pun dengan menggunakan pesawat? Langsung saja yuk awali perjalanan Anda menuju ke Waingapu. Happy traveling!