Thursday, March 10, 2016

Programmer Komputer Pertama di Dunia Ternyata Perempuan


Foto yang sobat lihat diatas adalah Ada King atau sering dikenal dengan julukan Countess Lovelace. Ditahun 1843, dia menemukan program dasar komputer mekanika yang pertama. Lalu Ada King mengadakan korespodensi dengan para penemu yang lain salah satunya adalah Charles Babbage disebuah pesta.

Ada King membahas ide/gagasan milik Charles untuk sebuah mesin yang disebut "Mesin Analitis", sebuah komputer yang bisa menggunakan algoritma untuk membuat output dan Ada King memperbaiki dan memperluas konsepnya. Dalam arti dia mempelopori gagasan algoritma komputer, dilaman biography.com dijelaskan bahwa perempuan yang juga dikenal dengan nama Ada Lovelace menggambarkan cara bagaimana kode dibuat untuk perangkat yang berguna menangani huruf dan simbol bersamaan dengan angka.

Dia juga menemukan sebuah teori metode mesin untuk serangkaian intruksi, proses ini dikenal dengan nama perulangan yang program komputer gunakan saat ini dan juga mempersembahkan konsep yang berpikiran maju. Ada Lovelace adalah putri tunggal dari seorang penyair yang bernama Lord Byron dan Anne Isabella Byron. 

Saat masih remaja, ia sudah tertarik pada mata pelajaran matematika dan juga mesin analikital, sebuah karya milik Cabbage. Ditahun 1842 sampai 1843, Ada Lovelace mampu menerjemahkan sebuah artikel karangan seorang matematikawan italia yang bernama Luigi Menabrea, yaitu mengenai sebuah mesin yang akan menjadi cikal bakal penemuannya.