Friday, March 4, 2016

Mengenal Jenis-Jenis Iklan Pada Blog

Cara menghasilkan uang dari blog biasa disebut monetisasi blog. Salah satu cara mendapat uang dari kegiatan blogging adalah memasang sebuah iklan agar mendapatkan income hehehe. Lumayan kan dengan kegiatan positif dari ngeblog banyak ilmu yang didapat seperti kreativitas, menghargai orang lain, mudah mendapat gagasan, dsb...tenang aja sobat, rejeki sudah ada yang mengatur tinggal bagaimana kita menjalankannya saja hihihi.


Terus seperti apa sih jenis-jenis iklan pada blog ? Yuk, kita bahas bareng-bareng.


1.  Iklan Dengan Metode PPC (Pay Per Click)


Jenis iklan ini sangat menguntungkan, hanya dengan ada pengunjung yang meng-klik iklan yang ditampilkan pada blog sobat, sobat bisa mendapat keuntungan berupa income dalam bentuk dollar,dll.


Pemilik blog harus pintar menempatkan slot iklan agar pengunjung blog mau klik iklan yang ditampilkan. Contoh iklan ppc: Google Adsense, Kliksaya, Chitika. Dari sebagian contoh yang saya sebutkan, Adsense mempunyai tarif iklan yang cukup besar. Namun tidak mudah untuk menjadi publisher Google Adsense karena syaratnya yang cukup ketat dan banyak membuat blogger pemula putus asa.


2. Iklan Dengan Metode CPM (Cost Per Mile)


Para blogger menyebut iklan CPM dengan sebutan Cost Per Imperssion. Kenapa ? Karena dengan mempunyai 1000 pengunjung per hari sobat akan dibayar. Jenis iklan seperti ini sangat potensial untuk blog yang tinggi trafik visitor atau ramai oleh pengunjung.


3. Iklan Dengan Metode PPP (Pay Per Post)


Jenis iklan ini sendiri seperti mempromosikan sebuah ulasan atau produk yang ditampilakn diblog kita melalui artikel atau postingan. Iklan ini biasanya sudah bekerja sama lalu disepakati oleh pemilik blog dan pengiklan.


Umumnya iklan jenis ini mempunyai nilai yang tinggi, namun sangat disayangkan pengiklan hanya mencari blog-blog yang sudah mempunyai trafik tingggi, nama, dan cukup terkenal dikalangan para blogger.


4. Iklan Dengan Metode PPD (Pay Per Download)


Iklan seperti ini masih sangat jarang ditemukan dikalangan blogger indonesia, tapi tetap bisa menghasilkan income untuk sobat. Pihak pengiklan ppd biasanya membayar ke pemilik blog kalau frekuensi downloadnya 800 kali. 


Jenis iklan PPD biasa dipasang diblog yang mempunyai niche tentang download musik mp3, software komputer, dan game. Contoh iklannya: 4shared dan ziddu.