Friday, March 18, 2016

6 Faktor Penting SEO On Page di Blog

Sudah menulis artikel sampai rela begadang tapi artikel yang diposting belum bisa muncul di mesin pencari ? Sering berburu untuk mendapatkan backlink namun belum bisa berada di page one ? Bisa jadi ada yang salah di SEO blog sobat.


SEO pada umumnya dibagi menjadi 2 kategori, yaitu 'SEO On Page' dan 'SEO Off Page'. Cara kerja seo yang off page dengan cara mencari sebuah backlink, dan seo on page adalah kebalikannya dari seo off page. Sobat harus bisa melakukan optimasi blog sendiri, rata-rata blogger lupa dengan cara seo yang berkategori seo on page ini. Akhirnya beberapa artikel dan link yang dibuat tidak bisa berada di page one google.

Buat sobat yang mengalami hal diatas tenang saja, saya disini akan berbagi caranya dengan gratis. Silakan periksa 6 faktor penting ini di blog sobat :

1. Judul Halaman

Judul halaman adalah kunci utama dari SEO On Page. Ketika pengunjung melakukan search dengan keyword di google, judul halaman akan muncul dengan tulisan berwarna biru, nah mulai dari sini judul halaman sangat penting.

2. Optimasi Konten di Blog

Menurut saya sendiri ini adalah hal yang sangat penting untuk SEO on page. Terdapat dua jenis kesalahan saat mengoptimasi sebuah konten diblog, yaitu 'Kurang di optimasi' dan 'Melakukan optimasi yang berlebihan'. 

Untuk 'Kurang di Optimasi', ada beberapa sebabnya seperti, artikel yang sobat buat terlalu singkat bahkan kurang dari 300 kata dan bisa saja artikel yang singkat dianggap tidak penting oleh google dan tidak mengandung keyword yang ditargetkan oleh sobat. Artikel yang bagus harus memiliki setidaknya 600 kata menurut saya sendiri.

Yang kedua 'Melakukkan optimasi yang berlebihan', disebabkan oleh terlalu banyak menggunakan keyword yang sobat targetkan. Sangking terlalu banyak menggunakan keyword bisa saja artikel sobat tidak enak dibaca oleh pengunjung karena mengandung kalimat yang sifatnya memaksa. 

3. Meta Description

Meta Description adalah kalimat atau kata yang muncul dibawah judul halaman dari hasil pencarian di google. Untuk kepentingan SEO, baiknya menulis meta description yang dapat membantu orang mencari sesuatu yang di inginkan melalui search di google. 

Dengan sobat menulis meta description, pengguna mesin pencari google dapat membaca poin yang penting halaman blog milik kita di mesin pencari.

4. URL

Pastikan keyword yang sobat gunakan muncul didalam url, url juga dapat bisa diubah secara manual saat kita meng-edit sebuah artikel. URL yang baik untuk SEO adalah url singkat.

5. Gambar

Seperti optimasi konten, gambar juga bisa saja bersifat berlebihan. Misalnya menggunakan keyword sebagai judul gambar dan sebagai alternatif tag. Berikan judul yang sesuai dengan gambarnya dan gunakan alternatif tag untuk mendeskripsi kan gambar secara singkat dan jelas.

6. Berikan Link Internal

Link internal dapat membantu agar lebih SEO Friendly. Maksud dari link internal adalah menyelipkan tautan dimasing-masing artikel didalam blog. Contohnya, artikel A ada yang membahas isi artikel B maka selipkan link artikel B ke dalam artikel A. Hal ini mempunyai dampak yang positif terhadap SEO.