Friday, February 19, 2016

Sosok Perempuan di Lidah Api Monas

Bagi warga Jakarta, sudah tidak asing dengan Monumen Nasional (Monas) dong ? Monumen Nasional berada di pusat kota Jakarta, yaitu di Lapangan Monas Jakarta Pusat, atau ke arah selatan dari Istana Negara di Jakarta. Tugu ini sendiri diarsiteki oleh R.M.Soedarsono dan Frederich Silaban (arsitek Masjid Istiqlal).

Dibuka untuk umum pada 12 juli 1975 (pastinya saya sendiri belum lahir wkwkwk). Monas dibangun setinggi 132 meter dan berbentuk lingga yoni dan seluruh bangunannya dilapisi dengan marmer bukan marmut :p

Dipintu sisi selatan dibangun sebuah elevator atau lebih akrab dibilang lift, fungsinya untuk membawa pengunjung ke pelataran puncak berukuran 11x11 meter diketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Kapasitas lift hanya mampu mengangkut 11 orang saja bisa kurang gak boleh lebih.

Dipelataran puncak Monas mampu menampung 50 orang, dan terdapat sebuah teropong untuk melihat panorama Jakarta. Dipuncak Monas terdapat lidah api berbentuk obor perunggu yang beratnya bisa mencapai 14,5ton dan dilapisi emas 38kg. Lidah Api ini adalah simbol semangat perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih Kemerdekaan.




Kalau kamu amati dengan baik dan lebih detail, disela-sela lidah api yang menyala saat malam hari terdapat sebuah relief berbentuk seorang wanita. Sosok wanitanya digambarkan dengan rambutnya tersanggul dibagian atas dan tergerai panjang disisi samping, posisinya sedang duduk bersimpuh dengan gerai rambutnya yang menghadap ke Istana Negara.

Konon kabarnya patung bersosok perempuan itu sengaja dibuat agar orang-orang yang melihatnya tidak mengetahui secara langsung loh *hebat triknya, mungkin ini termasuk sulap*. Relief ini bisa kamu lihat dari sisi sebelah kiri Monas di Jalan Medan Merdeka Barat sebelah utara, dekat dengan Istana Presiden bukan kamar Presiden.

Ada yang beranggapan bahwa sosok itu dibuat karena Presiden Soekarno sangat menghormati perempuan. Ada juga yang berpendapat Presiden Indonesia bisa melihat "Sang Ratu" ke arah nyala obor diatas Monas. (sang ratu ? sang istri kali wkwk).

Sampai sekarang masih simpang siur berita mengenai siapa sosok perempuan misterius yang berada dipuncak Monas. Kesannya tanpa diberi nama dan disembunyikan dibalik lidah api.