Tuesday, February 16, 2016

Penting Gak Sih Trafik Untuk Blog

Mungkin pertanyaan ini adalah pertanyaan yang terdengar bodoh, sama aja kayak kamu yang bertanya penting gak rating dan share pada sebuah acara televisi. Jawabannya, Jelas penting, kesuksesan blog dilihat dari banyaknya trafik visitor atau pv.




Pertanyaannya, apakah cuma trafik visitor yang jadi faktor penentunya ? Blogger paling pusing dengan urusan trafik, cara mendapat visitor, bagaimana cara menjangkau audience lebih luas dan yang lainnya. Ada 2 hal penting yang harus dilakukan :

1. Membuat konten, dan
2. Mempromosikan Blog

Kebanyakan para blogger membuat konten ala kadarnya bahkan mereka sehari bisa membuat 3 sampai 4 artikel (1 artikel sehari sudah cukup banyak). Yang blogger lakukan hanya membuat artikel ringkas seperti 7 fakta atau 10 tempat dan membuatnya dengan cara copy paste dan BOOM! berharap mendapat dollar dan trafik yang tinggi. 

Contoh sederhananya, kita sering mendengar kalo ingin punya visitor maka kamu harus rajin melakukan blogwalking tapi si penulis artikel tidak melakukan blogwalking ke blog lain. Sungguh licik dan tidak patut dicontoh.

Inti dari semua tulisan diatas adalah tidak semua blogger berbagi secara Real. Kebanyakan isi artikelnya hanya sampah.

(Catatan: Setiap blogger punya caranya tersendiri untuk mendatangkan trafik. Mengandalkan SEO, ada juga yang mengandalkan viral marketing dan sebagainya. Blog ini adalah blog gado-gado yang mempunyai banyak tema.)

Saya akan berikan beberapa cara yang bisa membuat para blogger menjadi lebih berkualitas, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk para blogger :

1. Membuat Konten


Selain trafik yang sangat penting untuk blog yang lebih penting adalah "Kualitas artikel". Cara terbaik yang kamu lakukan cobalah membuat konten artikel yang belum pernah ada dan yang unik. 

Jangan ikut-ikutan apalagi sampai terbawa arus. Internet seperti laut sangat luas, blog kamu adalah ikan kecil yang hidup di lautan yang luas. Untuk menarik perhatian para pembaca adalah melawan arus.

Catat ini jika penting, "Kualitas harus menjadi fokus untuk konten kamu, kualitas yang baik akan menghasilkan trafik visitor yang baik juga. Dan kualitas blog yang baik adalah memberikan sudut pandang dari pengalaman kamu sendiri".

2. Promosikan Blog


Ini adalah langkah yang membuat para blogger pusing kepala yaitu promosi blog mereka. Banyak para blogger sibuk mencari atau mendatangkan visitor tapi malah lupa buat promosikan blognya. Disini saya akan sharing dengan kamu bagaimana cara mempromosikan blog ini dengan cara yang saya sudah lama lakukan :

  • Facebook 
Pertama kali blog ini dibuat, sumber trafik terbanyak adalah dari sosial media facebook. Karena facebook merupakan media yang paling cocok untuk sharing di internet dan facebook merupakan sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia sendiri. 

Konten yang baik dengan memakai cara SEO sebaik mungkin tidak akan tersebar jika kamu tidak mempromosikannya, jangan nunggu dari search engine. 

  • Twitter
Sosial media twitter juga mempunyai pengguna terbanyak di Indonesia, apalagi kalau kamu punya followers yang banyak, sangat menguntungkan untuk trafik blog kamu.

  • Kaskus
Di situs sosial media kaskus yang saya lakukan hanya mengedit artikel untuk menjadikannya sebuah thread, tidak lupa menaruh sumber link. Bayangkan kalau thread kamu jadi "Hot Thread" di kaskus ? Maka visitor juga akan mengunjungi sumber link bisa banjir deh trafik blog kamu. 

  • SEO
Blogger banyak yang pusing dengan urusan yang satu ini, dulu diawal saya membuat blog cara ini sangat tidak penting. Hasil dari SEO itu perlu waktu jangka panjang jadi saya memfokuskan isi konten yang baik tanpa peduli keyword ataupun score SEO. 

Saya sendiri tidak menggunakan tools SEO untuk blog ini, tulisan benar-benar asli karna dibuat dari pengalaman nyata lalu saya olah lagi setelah mendapat informasi tambahan dan sudut pandang dari beberapa blogger yang membantu saya untuk mendapat ide/gagasan, agar konten dari artikel saya dibaca oleh visitor. 

Cara SEO yang saya lakukan untuk blog ini cukup mudah dan tidak banyak, hanya melakukan optimasi seperlunya dan submit artikel ke webmaster dan sitemap. Saya hanya fokus dengan menaikan popularitas (seperti backlink dan share), dan pasti kuantitas bisa menyusul secara perlahan. 


Saran Dari Saya :

Untuk yang baru jadi blogger dibulan-bulan pertama coba untuk fokus pada platform/blog kamu sendiri. Blog itu tidak cocok untuk orang yang punya sifat tidak sabaran karna sifat blog sendiri adalah "jangka panjang". Dan jangan membuat blog hanya untuk sekedar tren atau ikut-ikutan untuk mendapatkan penghasilan.

Karena value utama dari blogger adalah Berbagi, Bercerita, Sharing ilmu dan sharing informasi, dan pengalaman dengan media di internet. 

Jangan membuang waktu untuk mendatangkan visitor atau mencari penghasilan tinggi tapi fokus ke blog kamu, "Do your job, do your work".