Tuesday, February 16, 2016

Menghemat Paket Internet

Keberadaan smartphone dan internet sudah melekat didalam kehidupan. Apalagi anak muda jaman sekarang suka browsing, chatting, dan streaming online melalui internet di smartphone mereka. 


Internet untuk smartphone atau lebih dikenal dengan paket data bisa membuat kantong kering jika penggunaannya diluar batas wajar. Atur paket data kamu agar menghemat kantong. 

Berikut cara atau tips menghemat paket internet :

1. Pakai Batasan Paket Data

Untuk yang menggunakan iPhone silakan ke menu settings > seluler > scroll ke bawah cari "gunakan data seluler untuk:". Kamu bisa atur aplikasi apa saja yang tidak bisa terkoneksi melalui paket data namun bisa diakses jika mempunyai koneksi wifi.



Untuk android yang sudah versi 4.0 atau yang baru, kamu bisa ke menu settings > data usage. Kamu cukup aktifkan fitur "Set mobile data limit". 




2. Gunakan Wi-Fi

Gunakan akses wifi jika sekolah, kantor, kampus, dan rumah mempunyai koneksi internet wifi. Namun tidak disarankan jika sedang menggunakan wifi dicafe atau restoran dipergunakan untuk transaksi online, belanja online, dan transaksi perbankan.

3. Ganti Peramban Pada Smartphone

Sebaiknya membuka sebuah situs menggunakan versi mobile, selain untuk menghemat data situs yang kamu buka akan terbuka lebih cepat. Disarankan agar tidak menghapus cache di smartphone kamu.

Peramban yang cocok untuk mobile adalah Opera Mini yang didesain untuk kompresi data, sehingga paket data kamu tidak banyak berkurang.


Tags: Menghemat paket internet, Menghemat paket data, Paket data iphone, Paket data android, Gunakan wifi, Peramban smartphone, Opera mini 

18 komentar